DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KONSEP EKOSISTEM DALAM MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS KELAS X MADRASAH ALIYAH
PENGARANG:SANTI MARIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-01-22


PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KONSEP EKOSISTEM DALAM MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS KELAS X MADRASAH ALIYAH (Oleh: Santi Mariani; Pembimbing:Muhammad Zaini, M. Arsyad; 2018;  55 halaman)

 

ABSTRAK

 

Fakta di lapangan menunjukkan penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) masih belum optimal, pembelajaran lebih banyak dilakukan dengan metode ceramah, dalam proses pembelajaran untuk satu Kompetensi Dasar biasanya hanya satu pertemuan yang menggunakan LKPD atau tidak sama sekali, LKPD yang digunakan guru langsung mengambil dari buku paket, untuk itu sangat diperlukan adanya pengembangan LKPD yang dapat mendukung pembelajaran berpusat pada peserta didik dan dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD konsep ekosistem yang valid, praktis dan efektif. Penelitian dilaksanakan di MAN Kapuas. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain Tessmer (1993). Kevalidan LKPD berdasarkan penilaian 2 orang ahli yaitu dari dosen pendidikan biologi FKIP ULM Banjarmasin dan didukung uji perorangan dari 3 orang peserta didik kelas X IPA 1, praktis berdasarkan uji kelompok kecil dari 6 orang peserta didik kelas X IPA 2, dan efektif berdasarkan uji lapangan dari 33 orang peserta didik kelas X IPA 3.Hasil penelitian menunjukkan LKPD tergolong sangat valid karena semua komponen penilaian yang meliputi materi, kebahasaan, penyajian, format, sistematika, daftar pustaka, dan penilaian model sudah terpenuhi, dan didukung uji perorangan menunjukkan hasil baik-sangat baik yang meliputi judul, alat dan bahan, kualitas gambar/ tabel/ grafik, kebahasaan, format, dan daftar pustaka, praktis digunakan berdasarkan kemudahan peserta didik dalam memahami setiap langkah pada LKPD didapatkan hasil antara 73,3-89,2% dengan kategori baik-sangat baik, dan efektif digunakan berdasarkan keterampilan berpikir kritis yang meliputi merumuskan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan dengan kisaran 79-98%dengan kategori baik-sangat baik.

 

Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Kualitas LKPD, Konsep Ekosistem

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI