DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTETASI KETERPILIHAN PEREMPUAN PADA PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA LEMO II KABUPATEN BARITO UTARA TAHUN 2022
PENGARANG:YENI SERIWAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-02


                                                                      ABSTRAK

Yeni Seriwahyuni, 1910413320004, 2023."Kontestasi Keterpilihan  Perempuan Pada Pemilihan Kepala Desa di Desa Lemo II Kabupaten Barito Utara Tahun 2022Dibawah bimbingan Sandra Bhakti Mafriana  selaku dosen pembimbing Skripsi.

Penelitian ini dilakukan bertujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses kontestasi pemilihan kepala Desa Lemo II Kabupaten Barito Utara dan untuk mengethaui  modal sosial kepala desa perempuan dalam memengkan kontestasi pada pemilihan kepala desa di Desa Lemo II Kabupaten Barito Utara.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Pengumpulan data yang digunakan melalui wawancaradan dokumen.Analisa data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitianini menunjukkan bahwa kontestasi dalampemilihan kepala Desa LemoII tersebut“arena”dan“capitalsymbolic” seperti Kepala Desa terpilih yaitu kepala Desa nomor urut 3 merupakan calon yang menguasai arena, wilayah Desa Lemo II dari lama dan terima oleh  masyarakat sebagai kepala Desa Lemo II dan calon tersebut merupakan penduduk asli Desa Lemo II. Bentuk kontestasi lainnya seperti persaingan visi dan misi antara calon kepala Desa yang begitu ketat. Namun selain menguasai kontestasi pemilihan kepala Desa calon kepala Desa nomor urut 3 juga memiliki dua unsur modal sosial, yang pertama yaitu relasi sosial yang kuat dikarenakan calon tersebut memiliki latar belakang keluarga yang sangat dikenal dan di ingat oleh masyarakat, unsur yang kedua adalah kualitas dan kuantitas sumberdaya yang baik dikarenakan banyaknya pengalaman-penglaman dalam masyarakat maupun pengalaman di bidang organisasi sehinnga terlihat kualitas pemimpin calon no urut 3 lebih menonjol meskipun merupakan seorang perempuan. Dapat disimpulkan Dalam sebuah pemilihan kepala desa tidak dapat dihindarkan dari adanyakontestasi atau persaingan. seperti Kepala Desa terpilih yaitu kepala Desa nomor urut 3 merupakan calon yang menguasai arena kontestasi di karenakan calon tersebut merupakan penduduk asli Desa Lemo II. Bentuk kontestasi lainnya seperti persaingan visi dan misi antara calon kepala Desa yang begitu ketat. calon kepala Desa nomor urut 3 juga memiliki dua unsur modal sosial, yang pertama yaitu relasi sosial dimana calon nomor urut 3 ini memiliki jaringan-jaringan sosial yang luas memiliki latar belakang keluarga dari kalangan politisi,  unsur yang kedua adalah kualitas dan kuantitas sumberdaya yang dimiliki calon nomor urut 3 yaitu merupakan seorang penguasaha yang memiliki kualitas dan  kuantitassumberdaya pemimpim yang baik.

Saranuntukcalon kepala desa Lemo II  kedepannya pemilihan kepala desa bisa bersainga baik dan benar, untuk  kepala desa terpilih diharapkan dapat menjalankan VisidanMisidan untukpanitia pemilihan kepala desa agarlebihmemperhatikankondisiyangterjadidilapanganuntukmenghindariadanyaIndikasi pelanggaran pemilihan kepala desa, dan apabila sudah terlanjur terjadi makasebaiknya ditindaklanjuti dengan tegas.

Kata kunci: Kontestasi, Arena dan Capitalsymbolic

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI