DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PRIORITAS BELANJA DANA DESA PADA DESA WISATA PULANTANI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:MAULIDA FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-02


Maulida fitri (2023). Analisis prioritas belanja dana desa pada desa wisata pulantani kabupaten hulu sungai utara. Pembimbing Ali Wardhana, SP, M.Si

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui Proses Dalam Perencanaan Penganggaran Dana Desa Pada Desa Pulantani Kabupaten Hulu Sungai Utara.     (2) Untuk mengetahui prioritas belanja dana desa yang tepat dalam membangun desa Pulantani Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Responden dalam penelitian ini ada 10 responden yang dianggap berpengaruh terhadap penentuan belanja desa di Desa Pulantani yang digunakan dalam pengolahan data menggunakan metode Analytical Hierarchy Process.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria alternatif RPJMDes, Potensi Desa dan Permasalahan Desa mempengaruhi penentuan prioritas belanja desa dengan urutan pemilihan prioritas belanja dana desa yaitu Pembangunan desa 41,60%, yang dikuti oleh Pemberdayaan masyarakat sebesar 33,86%, yang dikuti Pembinaan Masyarakat sebesar 16,54%,  dan yang terakhir adalah Penyelenggaraan Pemerintahan Desa  sebesar 8,62%. Dengan kesimpulan yang paling dominan adalah  pembangunan desa sebesar 41,60%.

Kata Kunci:   Prioritas,Belanja Desa, Metode AHP

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI