DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-LKPD IPA TOPIK-TOPIK BIOLOGI KELAS VII SMP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
PENGARANG:NOORMIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-02


Noormiati. 2023. Pengembangan E-LKPD IPA Topik-topik Biologi Kelas VII SMP untuk Meningkatkan Keterampilan BerpikirKritis. Pembimbing (1) Prof. Dr. Muhammad Zaini, M.Pd., Pembimbing (2) Dr. Karim, M.Si.

 

Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi kualitas E-LKPD IPA topik-topik biologi kelas VII SMP yang meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifannya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan EDR (Educational Design Research) menggunakan desain evaluasi formatif. Tahapan pada penelitian ini yaitu 1) expert review, 2) one-to-one evaluation, 3) small group evaluation dan 4) field test. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Tanjung dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII A. Data validitas diperoleh dari validator dengan menggunakan instrumen lembar validasi. Data kepraktisan diperoleh dari respon peserta didik menggunakan instrumen lembar penilaian kepraktisan. Data keefektifan diperoleh dari hasil penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui E-LKPD.

Hasil validitas menunjukkan kategori valid. Kepraktisan isi memperoleh kategori baik. Kepraktisan harapan memperoleh kategori baik. Kepraktisan aktual memperoleh kategori sangat baik. Keefektifan harapan memperoleh kategori sangat baik pada aspek inferensi dan pengaturan diri. Sedangkan aspek lainnya interpretasi, analisis, evaluasi, dan eksplanasi memperoleh kategori baik. Keefektifan aktual memperoleh kategori sangat baik pada aspek interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi eksplanasi dan pengaturan diri. E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid, memiliki daya tarik, mudah dipelajari dan digunakan oleh peserta didik dan pendidik dalam proses pembelajaran serta efektif dalam mengukur maupun meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI