DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN PENGARUH FAKTOR BATUAN TERHADAP HASIL FRAGMENTASI BATUAN OVERBURDEN HASIL PELEDAKAN BERDASARKAN MODEL KUZ-RAM PADA PT INTI BARA PERDANA DI KECAMATAN TABA PENANJUNG, KABUPATEN BENGKULU TENGAH, PROVINSI BENGKULU.
PENGARANG:ARCHAN MILUS
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2019-01-22


Abstrak
Pada kegiatan penambangan, peledakan merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk pembongkaran material. Ukuran keberhasilan peledakan dapat dilihat dari fragmentasi peledakan. Dalam menganalisis fragmentasi dengan perhitungan model Kuz-Ram tentu harus menggunakan 5 parameter batuan, yaitu rock mass description, joint plane spacing, joint plane orientation, specific gravity influence, dan Moh’s hardness data- data tersebut digunakan dalam perhitungan Kuz-Ram sebagai rock factor dalam menghitung fragmentasi hasil kegiatan peledakan.
Dalam mengkaji hasil kegiatan peledakan, nilai RQD mempengaruhi hasil peledakan. Ketercapaian fragementasi berpengaruh dari kolom isian, nilai powder factor dan rock factor. Prediksi hasil peledakan dikaji melalui distribusi fragmentasi secara teoritis.
Berdasarkan kajian nilai rock quality designation terhadap fragmentasi batuan hasil peledakan didapatkan nilai fragmentasi 80 cm ≥ 80% dikatakan ideal, hasil fragmentasi pada 2 lokasi penelitian dengan kegiatan peledakan 6 kali ialah 93,61%, 87,68%, 90,91% (powdery) dan 72,68%, 74.56%, 76.04% (blocky) untuk perhitungan model Kuz-Ram. Jadi pada 2 lokasi penelitian masih di jumpai hasl distribusi fragmentasi yang kurang bagus dengan ukuran saringan 80 cm ≤ 80%, yaitu pada deskripsi massa batuan blocky.
Kata Kunci : Geometri peledakan, fragmentasi, boulder, Rock Qualty Designation, Powder Factor.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI