DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KELAS SOSIAL PETANI DI DESA ANJIR MUARA LAMA KECAMATAN ANJIR MUARA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:SITI ZURAIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-02


Siti Zuraidah, 2023. Kelas Sosial Petani di Desa Anjir Muara Lama Kecamatan 

Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan 

Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Kegeruan 

dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) 

Syahlan Mattiro, Pembimbing (II) Laila Azkia.

Kata Kunci : Kelas Sosial, Status Sosial, Peran Sosial, Petani.

Kelas sosial mengacu pada pengelompokkan orang yang sama dalam perilaku mereka berdasarkan posisi ekonomi. Masyarakat terbentuk dari banyaknya individu, individu yang terdiri dari berbagai latar belakang tertentu akan membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri dari kelompok-kelompok sosial. Dengan adanya kelompok sosial tersebut maka terbentuklah suatu pelapisan masyarakat yang memiliki kelas-kelas sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Status Sosial Petani (2) Peran sosial petani. 

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih yaiutu cara Perposive Sampling, dan informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan analisis data yang dipakai dalam penelitian ini dengan mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan penelitian ini dihasilkan 1) status sosial petani di Desa Anjir Muara lama terbagi menjadi 3 yakni pemilik lahan, penyakap/penyewa dan buruh tani, 2) peran sosial petani, terbagi menjadi yaitu hubungan dan relasi kerja petani yang dilakukan antara pemilik lahan dan penyakap atau penyewa dengan sistem bagi hasil, petani menyediakan bibit dari hasil panen tahun lalu, pupuk dan pestisida didapat dari hasil membeli. Buruh tani menunjukkan semakin penurunan kebutuhan dikarenakan banyaknya penggunaan teknologi mesin selain teknologi mesin lebih efektif pada penggunaan waktu namun juga dinilai lebih hemat biaya daripada sistem upah buruh tani. 

Berdasarkan hasil penelitin ini, disarankan bagi petani penyakap menanam padi varietas unggul, memiliki catatan perhitungan administrasi. Bagi buruh tani, untuk dapat menguasai alat mesin yang terbarukan. Dan bagi pemerintah untuk memperhatikan para petani khususnya buruh tani agar mendapatkan pelatihan. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI