DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PESERTA DIDIK
PENGARANG:NELLY RIMA SANTERI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-03


Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkane-modulIPAberbasiscomputational thinking yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik.Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, meliputi Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi e-modul, angket respon guru dan peserta didik, dan tes kemampuan berpikir logis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas e-modul IPA berbasiscomputationalthinkingadalah0,78termasukkategorivaliditastinggi.Hasilkepraktisan dari angket respon guru 90,93% dan respon peserta didik 85,68%denganketegorisangatpraktis,hasilkeefektifankemampuanberpikirlogispeserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan meningkat, nilai N-gain pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan masing-masing 0,73 dan 0,77 dengan kategori tinggi. Dengan demikian e-modul IPA berbasis computational thinkingyang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikirlogisdalampembelajaranIPA.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI