DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Eksistensi Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana
PENGARANG:ARIESTA AYU SALSABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-03


AriestaAyuSalsabila.2023.Eksistensi KursusBahasaInggrisdiKampung Inggris DesaKarangIndahKecamatanMandastana.SkripsiProgramStudi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I:Prof.BambangSubiyakto,M.HumdanPembimbingII:MuhammadAdhityaHidayatPutra, M.Pd.

Saat ini pelajar masih memiliki kemampuan berbahasa inggris yang tergolong rendah. Hal ini menyebabkan peningkatan keterampilan dalam berbahasa inggris perlu dilakukan untuk menciptakan masyarakat yang berkualitas. Satu diantaranya upaya untuk meningkatkan keterampilan berbahasa inggris yaitu dengan adanya Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana. Desa KarangIndahsebagailokasipelaksanaankegiatan Kampung Inggris menjadikannya spesifik dibandingkan desa lainnya di KabupatenBarito Kuala yang masih dilaksanakan hingga sekarang.

TujuanPenelitian:1) Mendeskripsikan Eksistensi KursusBahasaInggrisdiKampung Inggris DesaKarangIndah Kecamatan Mandastana. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganmetodesejarah.TeknikpengumpulandatadenganObservasi,Wawancara.danDokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Sekretaris Desa, Ketua Pengelola BUMDes, Ketua Kampung Inggris, tutor Kampung Inggris danPeserta Kampung Inggris. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, alat perekam, dan alat tulis. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan.Ujikeabsahandatayangdigunakandenganujikredibilitas,uji transferabilitas, dan uji dependabilitas.

Hasilpenelitian: 1)Eksistensi Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana hingga saat ini masih dilaksanakan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui keterampilan berbahasa inggris. Selain itu, Keberadaan Kampung Inggris mendorong adanya peningkatan ekonomi masyarakat serta pengembangan wisata edukasi bahasa inggris. Dalam melaksanakan kegiatantersebut terdapat tahap perencanaan yaitu pelatihan tutor/pengajar, pendaftaran peserta kursus, rancangan biaya, lokasi pembelajaran, rancangan pembelajaran. Tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaranyaitu pembuatan RPP,materi pembelajaran,media pembelajaran,metode pembelajaran,danpenilaian kegiatan pembelajaran.

Simpulan penelitian menjelaskan bahwa Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggrus Desa Karang Indah memberikan kontribusi bagi upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia. Kampung Inggris di Desa Karang Indah sangat berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berbahasa inggris, para peserta menyatakan bahwa keberadaan Kampung Inggris memberikan peningkatan terhadap nilai pada mata pelajaran bahasa inggris yang lebih baik. Selain itu, adanya Kampung Inggris di Desa Karang Indah memberikan pengaruh terhadap peningkatan ekonomi masyarakat yaitu bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Oleh karena itu, manfaat dari adanya Kampung Inggris tersebut menyebabkan kegiatan masih berjalan hingga sekarang.

 

KataKunci :Eksistensi, Program,KursusBahasaInggris

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI