DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERHITUNGAN PERAMALAN PENJUALAN UNTUK MENENTUKAN ANGGARAN PRODUKSI DENGAN METODE LEAST SQUARE PADA UMKM TELUR ASIN DI BARABAI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ANIS KAMILAH PUTERI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-04


Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui anggaran produksi menggunakan metode least square dengan analisis peramalan penjualan pada produksi telur asin di Barabai. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan diperoleh dari data penjualan tahun 2018-2022 Telur Asin Mama Zaid.

Hasil penelitian ini menunjukan dengan menggunakan metode least square untuk menghitung ramalan penjualan, maka didapatkan hasil penjualan sebesar 11.958 butir telur asin per tahun, ini menunjukan garis positif dalam perkiraan penjualan untuk periode berikutnya yang mengalami sales growth atau peningkatan di setiap tahunnya, dengan didapatkan rata-rata produksi sebesar 975 butir telur untuk periode tahun 2023. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan digunakan sebagai bahan acuan dalam melakukan perhitungan peramalan penjualan agar dapat mengetahui anggaran produksi sehingga dapat membuat perencanaan pada setiap proses produksi telur asin yang dibuat.

Kata Kunci : Analisis, Peramalan Penjualan, Anggaran Produksi, Metode Least Square.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI