DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK
PENGARANG:NORMINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-04


Kemampuan literasi sains peserta didik di Indonesia secara umum masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain keterbatasan sarana dan fasilitas belajar serta metode mengajar guru yang hanya fokus pada penguasaan pengetahuan dan belum berorientasi kemampuan literasi sains, sumber belajar yang masih berpaku pada buku paket yang disediakan oleh sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing materi larutan penyangga yang valid, praktis dan efektif, untuk meningkatkan literasi sains peserta didik dengan model 4D (Define, Design, Development,Disseminate). Subjek penelitian yaitu 5 orang validator, 10 peserta didik kelas XI IPA 2 dan 32 peserta didik kelas XI IPA 3 MAN 3 Banjarmasin. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan efektivitas LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan LKPD yang dikembangkan sangat valid dilihat dari hasil validasi (1) aspek kelayakan isi (96,60%), penyajian (94,00%), media (90,85%) dan bahasa (95,00%) skor validitas rata-rata keseluruhan aspek (94,11%), (2) sangat praktis dengan skor kepraktisan (84%) dan (3) efektivitas pembelajaran menggunakan LKPD yang dikembangkan meningkatkan literasi sains peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai N-gain pada kategori sedang yaitu 0,59. Hasil analisis menunjukkan LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran kimia materi larutan penyangga untuk meningkatkanliterasi sains peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI