DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Financial Distress Menggunakan Metode Altman (Z-Score) Pada Perusahaan Ritel Bursa Efek Indonesia 2018-2022
PENGARANG:MUHAMMAD AULIA RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-07


 

Kondisi perusahaan ritel yang berperan besar dalam penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) namun menunjukkan penurunan angka penjualan dari beberapa tahun terakhir, terlebih ketika pandemik Covid-19 melanda dunia, mengakibatkan penting untuk dilakukan analisis kondisi kesulitan keuangan perusahaan pada periode sebelum pandemi, saat pandemi dan sesudah pandemi, yang mana akan sangat berguna bagi beberapa pihak. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui apakah perusahaan sub sektor ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2018-2022berpotensi mengalami financial distress (kondisi kesulitan keuangan)atau tidak.

 

Penelitian ini menggunakan metode Altman Z-Score dalam memprediksi financial distress perusahaan ritel yang diteliti. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2018-2022. Adapun sampel penelitian berupa, 5 perusahaan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2018-2022 dan menjalankan bisnis berupa supermarket, hypermarket serta minimarket. Variabel independen penelitian berupa rasio keuangan dari metode Altman Z-Score dan variabel dependen berupa kondisi financial distress perusahaan ritel yang diteliti. Data penelitian dikumpulkan melalui data sekunder laporan keuangan perusahaan ritel yang diunduh dari situs Bursa Efek Indonesia.

Hasil analisis kondisi financial distress perusahaan ritel menggunakan metode Altman Z-Score pada periode 2018 – 2022 menunjukkan terdapat dua perusahaan yakni HERO dan MPPA yang terkategorikan distress, kemudian dua perusahaan lainnya yakni MIDI dan RANC terkategorikan grey area dan hanya satu perusahaan yakni AMRT yang berhasil stabil berada dalam kategori zona non distress sejak tahun 2018 – 2022. Pengkategorian zona tersebut didukung oleh hasil perhitungan rasio – rasio keuangan yang ada pada metode Altman Z­-Score.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI