DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PERAWAT RUMAH SAKIT SAMBANG LIHUM PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:NADHIFA ERNADA SALSABELA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-07


Nadhifa Ernada Salsabela (2023). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Kepuasan Kerja sebagai variabel mediasi pada perawat Rumah Sakit Sambang Lihum Provinsi Kalimantan Selatan.

Pembimbing: Dr. Meiske Claudia, SE, MM

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) dan pengaurh iklim organissai terhadap organizational citizenship behavior (OCB) melalui kepuasan kerja sebagai variabel moderasi pada perawat Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Provinsi Kalimantan Selatan

Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dalam menguji keterkaitan antar variabel penelitian terhadap objek yang diteliti. Populasi pada penelitian ini berjumlah 263 perawat dari Rumah Sakit Sambang Lihum Provinsi Kalimantan Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah 110 orang perawat di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Provinsi Kalimantan Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalu  dengan aplikasi program SPSS Statistic 26.

Hasil Uji t pengaruh langsung pada penelitian ini membuktikan adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel iklim organisasi (X) terhadap kepuasan kerja (Z), adanya pengaruh positif dan signifikan iklim organisasi (X) terhadap organizational citizenship behavior (OCB) (Y) dan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan kerja (Z) terhadap organizational citizenship behavior (OCB) (Y) perawat pada Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Provinsi Kalimantan Selatan. Hasil pengaruh mediasi menggunakan sobel test membuktikan bahwa kepuasan kerja memediasi sebagaian pengaruh iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) perawat pada Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Provinsi Kalimantan Selatan. Hasil uji koefisien regresi R2 berganda menunjukkan bahwa variabel organizational citizenship behavior (OCB) dapat dipengaruhi oleh iklim organisasi (X) dan kepuasan kerja (Z) sebesar 84,3% sisanya 15,7% dijelaskan oleh faktor lain seperti kepemimpinan, budaya organisasi dan lain-lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji koefisien determinasi R2 regresi sederhana menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja (Z) dapat dipengaruhi oleh iklim organisasi (X) sebesar 81,9%  sisanya sebesar 18,1% dapat dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior (OCB)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI