DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MEMPERTAHANKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA TAJAU PECAH KECAMATAN BATU AMPAR KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:I gede kariada
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-07


 

ABSTRAK

I Gede Kariada, 181413610020, 2023: “Peran Pemerintah Desa Dalam Mempertahankan Perekonomian Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Amparkabupaten Tanah Laut”.   

Di bawah bimbingan Dr. Samahuddin Muharram, M.Si

                Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah desa dalam mempertahankan perekonomian masyarakat desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan  Selatan di masa pandemi covid-19.

            Jenis penelitian yang dilakukan yatu dengan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian yaitu melihat bagaimana peran pemerintah desa dalam mempertahankan perekonomian masyarakat Desa Tajau Pecah pada masa pandemi covid-19.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa, peran pemerintah desa dalam mempertahankan perekonomian masyarakat desa dilakukan dengan cukup optimal, hal ini dapat di lihat dari Peran pemerintah desa Tajau Pecah sebagai regulator, dinamisator dan fasilitator. Sebagai regulator pemerintah desa Tajau Pecah menerapkan kebijakan lockdown desa, namun pemerintah desa mengambil kebijakan dengan tetap meperbolehkan masyarakat tetap bekerja sepert biasa dan menjual hasil panen kepada pengepul dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang berlaku. Peran pemerintah sebagai dinamisator pemerintah desa mengajak masyarakat berpartisipasi aktif melawan covid-19 dengan bergantian menjaga pos perbatasan untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan. Peran pemerintah desa sebagai fasilitator berjalan sudah cukup baik hal ini dilihat dari pemerintah desa Tajau Pecah telah menyiapkan anggaran yang cukup besar untuk masyarakat desa.

Kata Kunci: Peran, mempertahankan, Pemerintah Desa, Regulator, Dinamisator, Fasilitator

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI