DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Keragaman Gulma di Pertanaman Padi Aromatik Metode SRI pada Lahan Sawah Tadah Hujan yang Diaplikasi Pupuk NPK dan Kompos Jerami Padi
PENGARANG:MUHAMMAD SAIFUDDIN ANSHARY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-07


Keragaman Gulma di Pertanaman Padi Aromatik Metode SRI Pada Lahan Sawah Tadah Hujan yang Diaplikasi Pupuk NPK dan Kompos Jerami Padi, dibimbing oleh Bapak Ir. Jumar, M. P. dan Bapak Riza Adrianoor Saputra, S. P., M. P.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikeragaman gulma di lahan sawah tadah hujan yang ditanami padi aromatik yang diaplikasi pupuk NPK yang dikombinasikan dengan kompos jerami padi. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial 2 faktor. Faktor pertama adalah dosis pupuk NPK (A), dan faktor kedua adalah dosis kompos jerami padi (K). Dosis pupuk NPK (A) terdapat 3 taraf perlakuan, yaitu a0 = 0 kg ha-1 (kontrol); a1= 150 kg ha-1; dan a2 = 300 kg ha-1, sedangkan dosis kompos jerami padi terdapat 6 taraf perlakuan, yaitu k1 = 5 t ha-1; k2=7,5t ha-1; k3 = 10 t ha-1; k4 = 12,5 t ha-1; k5= 15 t ha-1;dank6= 20 t ha-1. Masing-masing perlakuan terdiri atas dua blok percobaan, sehingga diperoleh 36 satuan percobaan.  

Hasil penelitian memnunjukkan terdapat 6 jenis gulma yang terdapat pada areal pertanaman padi aromatik di lahan sawah tadah hujan yaitu Cyperus rotundus, Chloris radiata, Cyperus iria, Echinochloa colona, Ludwigia palustris, dan Amaranthus spinosus. Gulma yang mendominasi lahan sawah tadah hujan yang ditanami padi aromatik dengan aplikasi pupuk NPK dan kompos jerami padi adalah Cyperus rotundus dengan nilai kisaran summed dominance ratio (SDR) 58-100% terdapat pada perlakuan a2k6 (300 kg ha-1NPK + 20 t ha-1kompos jerami padi).Nilai indeks keragaman gulma (H) tertinggi terdapat pada perlakuan a0k1 (0 kg ha-1 + 5 t ha-1kompos jerami padi) pada 45 HST sebesar 1,10.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI