DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRODUKSI BIODEGRADABLE FOAM BERBASIS SERAT TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DENGAN PENAMBAHAN POLIVINIL ALKOHOL (PVA)
PENGARANG:M. LUCKY BAGUS HENDRAWAN PUJAKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-07


Tandan kosongkelapasawit(TKKS)merupakanlimbahyangmasihkurangdimanfaatkandenganoptimal.Satutontandanbuahsegar(TBS)menghasilkanminyaksawitkasarsebesar21%,minyakintisawit0,5%dan sisanya adalah limbah yang meliputi tandan kosong kelapa sawit sebanyak23%,serat sebanyak13,5%dan cangkangsebanyak 5,5%.

 

                       Salah satu bahan yang sangat penting dari TKKS yang bisa dimanfaatkan menjadi produk lain yang bernilai tinggi adalah selulosa. Selulosa merupakan polimer alam yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kain, bioetanol, dan bioplastik dengan mensintesisnya menjadi selulosa asetat. Selulosa yang terkandung dalam TKKS adalah 38,76% dan dengan kandungan serat mencapai 72,67%. Karena tingginya kandungan selulosa tersebut menyebabkan TKKS potensial menjadi raw material untuk diambil selulosanya. Hal ini menjadi pendorong untuk memanfaatkan limbah tersebut sebagai pengganti penggunaan styrofoam yang disebut dengan biodegradable foam untuk menjadi bahan kemasan alternatif yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan komposisi yang tepat dalam produksi biodegradable foam dari serat tandan kosong kelapa sawit sehingga diperoleh karakteristik biodegradable foam yang terbaik.

 

                       Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial dengan perlakuan 2 faktor yaitu fase padat berupa formulasi tapioka dan serbuk serat tandan kosong kelapa sawit yang terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu 0%, 5%, 10% 15% dan faktor penambahan PVA 0% dan 5%. Sehingga dihasilkan 8 formulasi dengan 2 kali pengulangan.

 

                       Berdasarkan hasil perhitungan pembobotan dengan parameter daya serap air, kuat tekan, biodegradasi, tekstur, warna, dan kadar air. Hasil terbaik diperoleh pada biodegradable foam dengan penambahan PVA sebanyak 5% dan penambahan serat sebanyak 15%. Hal ini ditunjukkan dengan nilai tertinggi sebesar 5,13 dengan nilai daya serap air 42,50%, kuat tekan 0,0863 N/mm2, kadar air 5,25%, dan pada uji kesukaan tekstur 6,70 dan warna 2,05.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI