DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI BUDAYA BAHANDIP DALAM UPAYA PENGUATAN NILAI GOTONG ROYONG PADA MASYARAKAT DAYAK BAKUMPAI DI KELURAHAN ULU BENTENG KECAMATAN MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:DHEVI EMELDA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-08


ABSTRAK

 

Emelda Sari, Dhevi. 2023. Implementasi Budaya Bahandip Dalam Upaya Penguatan Nilai Gotong Pada Masyarakat Dayak Bakumpai. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Heru Puji Winarso, M. Si., M.A.P.

Kata Kunci : Budaya Bahandip, Nilai Gotong Royong, Dayak Bakumpai.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang ada mengenai budaya Bahandip dalam upaya penguatan nilai gotong royong pada masyarakat dayak bakumpai.

Dalam proses penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Dengan menerapkan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1). Budaya Bahandip merupakan sistem kerja yang dilakukan secara bergantian atau arisan kerja yang dilakukan oleh kelompok kerja secara bersama-sama oleh masyarakat suku dayak bakumpai. (2). Faktor penyebab terjadinya pergeseran budaya Bahandip pada masyarakat suku dayak bakumpai adalah dipengaruhi oleh faktor internaal dan eksternal dari masyarakat suku dayak bakumpai itu sendiri. (3). Dalam mempertahankan nilai dalam sebuah budaya yakni budaya Bahandip tentu saja perlu yang dinamakan upaya untuk dapat mempertahankan, melestarikan dan meningkatkan kesadaran pentingnya nilai pada budaya Bahandip yaitu gotong royong.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar pihak pemerintah dan masyarakat mempertahankan dan meningkatkan budaya Bahandip serta nilai yang terkandung dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

Description: https://ssl.microsofttranslator.com/static/27828690/img/tooltip_logo.gifDescription: https://ssl.microsofttranslator.com/static/27828690/img/tooltip_close.gif

Original

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI