DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA PANTAI BATAKAN BARU DI KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:RAKHMAD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-09


Pantai Batakan merupakan objek wisata bahari yang terpadu dengan panorama alam pegunungan pantai yang terletak di kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut.Pengunjung di pantai ini dapat mengelilingi pantai sambil menggunakan kuda sewaan, bersantai di bawah pohon cemara sambil menikmati keindahan pantai, atau menyaksikan panorama alam terutama saat matahari akan terbenam. Melihat antusias masyarakat untuk berlibur setelah adanya pandemi yang cukup lama, oleh karena itu dilakukanlah penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality terhadap tingkat kepuasan pengunjung, apakah fasilitas dan pelayanan yang ada di Pantai Batakan Baru sudah sesuai dengan harapan para pengunjung dan memberikan kepuasan pada pengunjung. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi lapangan.Jenis penelitian dalam penelitian ini penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidential sampling.Berdasarkan hasil penelitian yang lakukan pengaruh variabel reliability, assurance, tangible, emphaty, dan responsiveness terhadap customer satisfaction dengan T value >1,95 dan P value 0,000 berarti variabel reliability, assurance, dan tangible, terhadap customer satisfaction signifikan. Sedangkan variabel emphaty, dan responsiveness memiliki nilai T value <1,95 dan P value > 0,000 maka variabel emphaty, dan responsiveness memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap customer satisfaction. Berdasarkan Hasil pengujian R Square besar pengaruh reliability, assurance, tangible emphaty, dan responsiveness terhadap customer satisfaction sebesar 0,780 atau sebesar 78% yang artinya variabel reliability, assurance, tangible, emphaty, dan responsiveness tersebut mampu menjelaskan variabel customer satisfaction sebesar 78% sedangkan sisanya sebesar 22,0% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI