DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN SUKU BUGIS DALAM LINGKUNGAN ORANG PASER DI DESA TANAH PERIUK, KECAMATAN TANAH GROGOT, KABUPATEN PASER, TAHUN 1995-2015
PENGARANG:LISPRI PUSTAKA PERDANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


ABSTRAK

 

 

LispriPustakaPerdana.2021.PerkembanganPerekonomianSukuBugisDalam Lingkungan Orang Paser di Desa Tanah Periuk, Kecamatan TanahGrogot,KabupatenPaser,Tahun1995-2015.Pembimbing:(I)Drs.RusdiEffendi,M.Pd, (2)Mansyur, S.Pd,M.Hum.

 

KondisipendudukdariSukuBugisdiDesaTanahPeriukmemilikistereotipe sifat yang “keras” dibandingkan suku lainnya, namun pada Kenya-taannya meraka mampu beradaptasi dengan penduduk lain, terutama penduduklokalSukuPaser.PendudukSukuBugisyangawalnyamigrandariSulawesiSelataninidapathidupberdampingandalamupayamenjagakelangsunganhidupnya.Permasalahannya,bagaimanakeberadaanawalperekonomianSukuBugisdanperkembangannyadalamlingkunganorangPaserdiDesaTanahPeriuk, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, tahun 1995-2015. TujuanpenulisanadalahmendeskripsikankeberadaanawalperekonomianSukuBugisdanperkembangannyadalamlingkunganOrangPaserdiDesaTanahPeriuk,KecamatanTanah Grogot,KabupatenPaser,tahun 1995-2015.

Penelitian ini menggunakan metode sejarah. Sumber data yang digunakanberupasumberlisan,sumbertertulisdansumberbenda.Dataprimerberupasumber lisan hasil wawancara. Sumber benda dari hasil observasi secara tidaklangsung dan sumber tertulis dari dokumen yang relevan. Data sekunder diperolehdaridatatertulis/literatur.Teknikpengumpulandatadenganstudipustaka,wawancaradan observasi secara tidaklangsung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Suku Bugis yang awalnya migran(pendatang) di Desa Tanah Periuk lebih banyak mengembangkan sistem matapencaharian kebun sagu, sawit, karet dan bertani padi sawah yang dikelola cukupintensif, dan tinggal menyebar. Kemudian terdapat tahap adaptasi ekonomi danmata pencaharian. Dalam bidang ekonomi, migran Bugis di Desa Tanah Periukberupaya meningkatkan perekonomiannya dan memiliki strategi ekonomi berbedapadaperiodetahun1995-2005danperiodetahun2005-2015.Kesimpulanpenelitian terdiri dari kesimpulan pertama, keberadaan awal perekonomian SukuBugis tidak terlepas dari adanya migrasi dan terbentuknya jaringan ekonomi SukuBugisdiDesaTanahPeriuk,selamaperiodetahun1970-2009.Kesimpulankedua, perkembangan perekonomian Suku Bugis Tahun 1995-2005 didominasihubungan patron klien (ajjoareng-joa). Kemudian pada periode tahun 2005-2015dicirikanadanya strategirealistis danpemanfaatan sumberdayaekonomi.

 

Katakunci:perkembangan,perekonomian,sukubugis,tanahperiuk.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI