DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRARANCANGAN PABRIK AMONIUM SULFAT DARI AMONIA DAN ASAM SULFAT DENGAN PROSES NETRALISASI KAPASITAS 450.000 TON/TAHUN
PENGARANG:NUR BAITY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Ammonium sulfat [(NH4)2SO4] atau pupuk ZA (Zwavelzuur Ammonium) adalah pupuk yang banyak mengandung sulfur dan nitrogen yaitu kandungansulfur 24% dan nitrogen 21%. Pupuk ZA memiliki banyak manfaat diantaranya meningkatkan kualitas tanaman dan pakan ternak serta meningkatkan produksi dannilai gizi, memperbaiki rasa dan warna tanaman dan lebih tahan terhadap pengaruh lingkungan (hama, penyakit dan kekeringan). Pabrik ammonium sulfat  direncanakan berdiri pada tahun 2028 dengan kapasitas 450.000 ton/tahun dan berlokasi di Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur yang beroperasi selama 330 hari dalam setahun.

Pembuatan ammonium sulfat dengan proses netralisasi diawali dengan mempersiapkan bahan baku yaitu merubah fase ammonia dari cair menjadi gas dan memanaskan asam sulfat sebelum dimasukkan ke dalam reaktor bubble dengan tekanan 1 atm dan suhu operasi 106oC. Proses netralisasi terjadi di dalam reaktorr bubble, hasil keluarannya dimasukkan ke centrifuge untuk dipisahkan antara kristal dan motherliquor. Kristal yang terbentuk kemudian dialirkan menuju rotary dryer untuk dikeringkan kandungan H2O hingga 0,15%. Kristal kemudian dialirkan melalui cooling conveyor dan dimasukkan ke sceener untuk mendapatkan ammonium sulfat beukuran 30 mesh. Ammonium sulfat yang masih tertahan akan dimasukkan ke crusher untuk dihaluskan kembali. Ammonium sulfat berukuran 30 mesh diangkut menuju bin untuk ditampung yang selanjutnya akan masuk ke unit pengemasan dan disimpan di gudang sebelum dipasarkan.

Pemasaran ammonium sulfat diutamakan untuk konsumsi dalam negeri dan juga dipasarkan ke luar negeri. Bentuk perusahaan berupa Perseroan Terbatas (PT) dengan sistem line dan staff. Sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian menurut jam kerja yang terdiri dari shift dan non-shift dengan total tenaga kerja yang diperlukan sebanyak 159 orang. Adapun analisa ekonomi, didapat BEP sebesar 44% dan SDP sebesar 33% sehingga dapat disimpulkan bahwa pabrik ini layak untuk didirikan.

 

 

Kata Kunci: Ammonium sulfat, netralisasi, nitrogen,  reaktor bubble, sulfur

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI