DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Produksi Budidaya Ikan Nila di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:Lilis Sahdatul Nazula
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Lilis Sahdatul Nazula (2022), Analisis Produksi Budidaya Ikan Nila di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Pembimbing: M Rusmin Nuryadin, S.E.,M.Si.

   Peneliti ini dilakukan untuk mengetahui (1) Mengetahui bagaimana pendapatan usaha terhadap produksi ikan nila di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu; (2) Bagaimana tingkat skala usaha budidaya ikan nila di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Dengan menggunakan model Cobb-Douglas.

Responden dalam penelitian ini adalah 32 pembudidaya ikan nila yang ada di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Pengolahan data dengan analisis pendapatan dan analisis fungsi produksi Cobb-Douglas menggunakan softwere Eviews 12.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan usaha budidaya ikan nila di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu mengalami keuntungan sebesar 79.451.000 dengan rata-rata keuntungan 2.482.843.

Hasil skala usaha produksi budidaya ikan nila di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu dengan nilai elastisitas yaitu 0,802 yang dimana artinya nilai tersebut kurang dari 1 sehingga dapat dikatakan dengan decreasing return to scale.

Kata Kunci: Faktor Produksi, Skala Pengembalian Hasil, Budidaya Ikan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI