DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TERPAAN PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK (Studi yang dilakukan terhadap orang tua murid di Sekolah Dasar Al-Furq’an)
PENGARANG:MUHAMMAD RIFQI IRVANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Muhammad Rifqi Irvani, 1610414310024, 2023 pengaruh terpaan penggunaan smartphone terhadap komunikasi interpersonal orang tua dan anak(Studi yang dilakukan terhadap orang tua murid di Sekolah Dasar Al-Furqan). Dibawah bimbingan H. Bachruddin Ali Akhmad dan Siswanto.

Penggunaan smartphone yang berlebihan dapat mengakibatkan kecanduan.Smartphone merupakan alat yang dapat dimanfaatkan secara positif maupun negatif tergantung oleh penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar terpaan penggunaan smartphone terhadap komunikasi interpersonal orang tua dan anak (Studi yang dilakukan terhadap orang tua murid di Sekolah Dasar Al-Furqan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desktriptif dengan populasi 684 orang, dan sampel diambil sebanyak 120 orang, melalui teknik sampling dilakukan dengan metode proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan derajat kesalahan 5%.

Hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai p = 0,000 < 0,05, nilai regresi Y= 8,169 + 1,397X, dan nilai R2 = 0,496, sehingga hipotesis dalam penelitian ini terdapat terpaan penggunaan smartphone terhadap komunikasi interpersonal orang tua dan anak dapat diterima. Terpaan penggunaan smartphone anak secara langsung memberikan pengaruh terhadap komunikasi interpersonal anak dan orang tua sebesar 49,6% menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara variabel dengan variabel lainnya dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : Terpaan Penggunaan Smartphone, Terpaan Media, Komunikasi Interpersonal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI