DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI NEARPOD DENGAN MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 ANJIR MUARA
PENGARANG:DWI CATUR PAMUNGKAS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


ABSTRAK

 

Dwi Catur Pamungkas, 2023. EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI NEARPOD DENGAN MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 ANJIR MUARA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing I : Mahmudah Hasanah , M.Pd . Pembimbing II : Dr. Ananda Setiawan, M.Pd ).

 

Pendidikan di Indonesia saat ini telah menggunakan kurikulum merdeka belajar. Dalam konsepnya kurikulum merdeka bertujuan untuk menjawab tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Keberadaan teknologi AI (Artificial Intelligence) membawa kemajuaan dalam aspek pendidikan dan menjadi salah satu pengembangan yang terbarukan salah satunya pada media pembelajaran. Media di bagi ke dalam beberapa jenis dan penggunaannya dapat disesuaikan dengan kondisi dan situasi dari sebuah pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kevalidan dari media pembelajaran  (2) Menganalisis kepraktisan dari media pembelajarandan(3) Menganalisis keefektifan media pembelajaran. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Ada 4 tahapan dalam model 4D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap deseminasi (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi nearpod dengan menggunakan AI berdasarkan ahli validasi media memperoleh rata- rata skor total 4,97 dengan kriteria sangat valid dan persentase hasil memperoleh nilai 99% dengan kategori sangat praktis. Hasil validasi ahli materi memperoleh memperoleh rata- rata skor total 4,79 dengan kriteria sangat valid dan persentase hasil memperoleh nilai 96% dengan kategori sangat praktis. Pada uji coba lapangan terbatas, respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh rata- rata skor 4,43 dengan kriteria sangat valid dan persentase memperoleh nilai 88% kriteria sangat praktis. Pada uji coba lapangan operasional, respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh rata- rata 4,34 dengan kriteria sangat valid dan persentase memperoleh nilai 87% dengan kategori praktis. Media pembelajaran berbasis nearpod dengan menggunakan AI juga efektif untuk digunakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test nilai signifikansi (2-tailed) pada tabel dari eksperimen yaitu 0,000 dan kontrol yaitu 0,000. Dari data tersebut, didapatkan bahwa sig< 0,05. Sehingga hasil pretest postest eksperimen memiliki perbedaan secara signifikan. Dan hasil uji independent t- test diketahui dari nilai signifikansi (2-tailed) pada tabel 0,000. Dari data tersebut didapatkan bahwa sig (2-tailed) < 0,05, maka sebagaimana dasar pengembilan keputusan uji independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kedua kelompok. Saran yang bisa disampaikan yaitu diharapkan dapat meningkatkan pemahaman penggunaan media pembelajaran nearpod dengan menggunakan AI.

 

Kata Kunci : media pembelajaran, aplikasi nearpod, ekonomi

 

ABSTRAK

 

 

 

Dwi Catur Pamungkas, 2023. THE EFFECTIVENESS OF NEARPOD APPLICATION-BASED LEARNING MEDIA USING ARTIFICIAL INTELLIGENCE TO IMPROVE ECONOMICS LEARNING OUTCOMES IN GRADE X AT SMA NEGERI 1 ANJIR MUARA. Thesis, Economic Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University, Banjarmasin. (Supervisor I : Mahmudah Hasanah , M.Pd . Supervisor II : Dr. Ananda Setiawan, M.Pd ).

 

Education in Indonesia is currently using the independent learning curriculum. In its concept, the independent curriculum aims to answer the challenges of education in the era of the industrial revolution 4.0. The existence of AI (Artificial Intelligence) technology has brought progress in the educational aspect and has become a renewable development, one of which is learning media. Media is divided into several types and their use can be adapted to the conditions and situations of a lesson. This research aims to: (1) analyze the validity of learning media (2) analyze the practicality of learning media and (3) analyze the effectiveness of learning media. This research is included in research development or Research and Development (R&amp;D) with the 4D development model. There are 4 stages in the 4D model, namely the define stage, the design stage, the develop stage, and the disseminate stage. The results showed that the nearpod application-based learning media using AI based on media validation experts obtained an average total score of 4.97 with very valid criteria and the percentage of results obtained a score of 99% with a very practical category. The results of the material expert validation obtained an average total score of 4.79 with very valid criteria and the percentage of results obtained a score of 96% with a very practical category. In limited field trials, student responses to the learning media developed obtained an average score of 4.43 with very valid criteria and a percentage of 88% of very practical criteria. In operational field trials, student responses to the learning media developed obtained an average of 4.34 with very valid criteria and a percentage of 87% in the practical category. Nearpod-based learning media using AI is also effective to use. This is evidenced by the results of the paired sample t-test, the significance value (2-tailed) in the table from the experiment is 0.000 and the control is 0.000. From these data, it was found that sig &lt; 0.05. So that the results of the pretest posttest experiment have a significant difference. And the results of the independent t-test are known from the significance value (2-tailed) in table 0.000. From these data it was found that sig (2-tailed) &lt;0.05, so as the basis for making decisions on the independent sample t-test it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. Therefore there is a difference in the average student learning outcomes between the two groups. Suggestions that can be conveyed are expected to increase understanding of the use of nearpod learning media using AI.

 

Keywords: learning media, nearpod applications, economy

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI