DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, Tingkat Kemiskinan Dan Tenaga Kesehatan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Kalimantan Selatan
PENGARANG:SANIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-11


Saniah (2023). Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, Tingkat Kemiskinan Dan Tenaga Kesehatan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2017 - 2022. Pembimbing: Syahrituah Siregar, SE, MA.

 

Penelitian ini mempunyai tujuan : Mengetahui Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, Tingkat Kemiskinan Dan Tenaga Kesehatan secara simultan dan parsial terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2017 - 2022.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuntitatif deskriftif untuk menjawab pertanyaan penelitian yang menganalisis pengaruh antar variabel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Dokumentasi . Teknik analisisnya menggunakan Teknik analisis regresi data panel dengan software E-Views 12.

 

Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa secara simultan Produk Domestik Regional Bruto, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, Tingkat Kemiskinan Dan Tenaga Kesehatan berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Secara parsial variabel Produk Domestik Regional Bruto, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja dan Tingkat Kemiskinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Secara parsial variabel Tenaga Kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Kata Kunci: IPM, PDRB, TPAK, Tingkat Kemiskinan, Tenaga Kesehatan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI