DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK STRIP DIGITAL DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
PENGARANG:NUR LAILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-11


Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran komik strip digital dengan model inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dilihat dari kelayakan (1)validitas komik strip, (2)kepraktisan komik strip dan (3) keefektifan komik strip digital untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 11Banjarmasin sebanyak 33 peserta didik Tahun Ajaran 2022/2023. Desain penelitian menggunakan model ADDIE 4D (Analisys, Design, Develovment, Implemntation, Evaluation).Dengan subjek uji keterbacaan perorangan 3 orang peserta didik, keterbacaan kelompok kecil 8 orang peserta didik, dan uji coba terbatas 33 orang peserta didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian angket, observasi, dantes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik kimia yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) Valid, ditinjau dari nilai aspek isi sebesar97.5 (sangat valid), dan aspek tampilan sebesar 96.67 (sangat valid). (2) Praktis, ditinjau dari hasil keterbacaan media komik kimia pada uji perorangan sebesar 3.64 (sangat baik)dan kelompok kecil sebesar 3.47(sangat baik), dan respon peserta didik terhadap media komik kimia sebesar 3.16 (baik). (3), Efektif, ditinjau dari N-gain keterampilan berpikir kritis 0.79 (tinggi). Diperoleh simpulan bahwa media pembelajaran komik strip digital layak digunakan dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI