DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL SCIENTIFIC CRITICAL CREATIVE THINKING (SCCrT) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, BERPIKIR KREATIF DAN SELF REGULATED LEARNING PADA MATERI TITRASI ASAM BASA KELAS XI DI SMAN 1 ALALAK TAHUN AJARAN 2021/2022
PENGARANG:ULYA RAHMIATI AZHARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-11


Keterampilan berpikir adalah proses mental yang terorganisir yang berperan dalam proses pengambilan keputusan untuk memecahkan suatu masalah. Keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif melibatkan analisis dan interpretasi data dalam kegiatan penemuan ilmiah dan Self Regulated Learning atau kemandirian belajar yang ketiganya merupakan keterampilan yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran kimia. Model Scientific Critical Creative Thinking (SCCrT) merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan pada materi Titrasi Asam Basa di kelas XI MIA SMAN 1 Alalak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan (1) keterampilan berpikir kritis (2) keterampilan berpikir kreatif dan (3) self regulated learning peserta didik terhadap implementasi model SCCrT pada materi Titrasi Asam Basa. Metode dalam penelitian ini eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik random sampling atau secara acak yang diperoleh kelas XI MIA 1 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol. Variabel bebas meliputi model SCCrT dan model konvensional, sedangkan variabel terikat meliputi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan self regulated learning. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif dan non tes untuk self regulated learning dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis dengan nilai signifikansi sebesar 0,004; (2) adanya perbedaan keterampilan berpikir kreatif dengan nilai signifikansi sebesar 0,028; dan (3) adanya perbedaan self regulated learning dengan nilai signifikansi 0,000. Kelas eksperimen dengan model SCCrT dlebih baik di bandingkan kelas kontrol dengan model konvensional alam melatih keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan self regulated learning peserta didik dalam pembelajaran materi kimia titrasi asam basa.

 

Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berpikir kritis, model SCCrT, self regulated learning.


 

Thinking skills are organized mental processes that play a role in the decision-making process to solve a problem. Critical thinking and creative thinking skills involve analysis and interpretation of data in scientific discovery activities and Self Regulated Learning or independent learning, all of which are skills that are indispensable in the chemistry learning process. The Scientific Critical Creative Thinking (SCCrT) model is a learning model that can be used in Acid-Base Titration material in class XI MIA SMAN 1 Alalak. The purpose of this study was to determine the differences in (1) critical thinking skills (2) creat ive thinking skills and (3) students' self-regulated learning towards the implementation of the SCCrT model on Acid-Base Titration material. The method in this study was quasi-experimental with the Nonequivalent Control Group Design research design. The research sample was determined using a random sampling technique or randomly obtained by class XI MIA 1 to 32 people as the experimental class and XI MIA 2 to 31 people as the control class. The independent variables include the SCCrT model and conventional models, while the dependent variables include critical thinking skills, creative thinking skills, and self regulated learning. Data collection uses test techniques for critical thinking skills and creative thinking skills and non-test for self-regulated learning using a questionnaire. Data analysis techniques using descriptive and inferential analysis. The results showed that (1) there were differences in critical thinking skills with a significance value of 0.004; (2) there are differences in creative thinking skills with a significance value of 0.028; and (3) there is a difference in self-regulated learning with a significance value of 0.000. The experimental class with the SCCrT model is better than the control class with the conventional natural model in training students' critical thinking skills, creative thinking skills, and self-regulated learning in learning acid-base titration chemistry material.

Keywords: creative thinking skills, critical thinking skills, SCCrT model, self regulated learning.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI