DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PANTING PADA SISWA KELAS V SDN DANDA JAYA 3
PENGARANG:ARIF RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-12


Rahman, Arif (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Muatan IPA Menggunakan Model PANTING Pada Siswa Kelas V SDN Danda Jaya 3. Skrispsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M. Pd., Ph.D.

Kata Kunci : PANTING, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Siswa

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Penyebabnya karena pembelajaran hanya bersifat satu arah, belum memuat aktivitas berpikir kritis dan kurang bermakna. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model PANTING dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 4 pertemuan. Setting penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Danda Jaya 3 yang berjumlah 18 orang siswa terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase indikator.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 telah terlaksana dengan baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari persentase 44% menjadi 94% dan memperoleh kriteria hampir seluruhnya aktif. Keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 39% menjadi 94% dan memperoleh kriteria hampir seluruhnya terampil. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari persentase 44% menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran PANTING dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Disarankan hasil  penggunaan model PANTING tersebut dapat dijadikan salah satu referensi dalam meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI