DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN FUEL DAN SPAREPARTS PADA PT. PUTRA PERKASA ABADI SITE BORNEO INDOBARA (BIB)
PENGARANG:YULIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-14


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran sistem informasi akuntansi persediaan pada PT. Putra Perkasa Abadi Site Birneo Indobara (BIB). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang dapat diartikan sebagai data yang diperoleh melalui pengumpulan informasi berupa uraian atau penjelasan yang dihasilkan dari pengalaman langsung, wawancara, observasi atau dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Pelaksanaan sistem informasi akuntansi persediaan PT. Putra Perkasa Abadi yang efektif menggunakan software Application and Product (SAP) dengan modul Finansial Accounting and Controlling (FICO) untuk mengelompokkan, mencatat, dan memproses semua transaksi yang terjadi. Software ini membantu dalam proses penjualan, pencatatan akuntansi, penggunaan dokumen, dan pembagian kewenangan saat mencatat pendapatan. Dengan menggunakan software ini, perusahaan dapat menghasilkan sistem informasi akuntansi pendapatan yang memiliki kualitas informasi yang akurat, tepat waktu, dan relevan. Sistem informasi akuntansi pendapatan PT. Putra Perkasa Abadi menggunakan aplikasi online yang terintegrasi dengan jajaran komisaris dan direksi untuk penyampaian, pembuatan laporan, dan pencatatan yang lebih cepat, efektif, dan efisien.

Kata Kunci: Peran Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Fuel dan Spareparts

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to find out how the role of the inventory accounting information system at PT. Putra Perkasa Abadi Site Birneo Indobara (BIB). The method used in this study is a qualitative method which can be interpreted as data obtained through collecting information in the form of descriptions or explanations resulting from direct experience, interviews, observations or documents related to research. Implementation of inventory accounting information system PT. Putra Perkasa Abadi effectively uses Application and Product (SAP) software with the Financial Accounting and Controlling (FICO) module to classify, record, and process all transactions that occur. This software assists in the sales process, accounting records, use of documents, and division of authority when recording income. By using this software, companies can produce an income accounting information system that has quality information that is accurate, timely and relevant. Revenue accounting information system PT. Putra Perkasa Abadi uses an online application that is integrated with the board of commissioners and directors for faster, more effective and efficient submission, reporting and recording.

 

Keywords: The Role of Fuel and Spareparts Inventory Accounting Information Systems

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI