DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK KEBERADAAN PERUSAHAAN KELAPA SAWIT PT ANTANG GANDA UTAMA PADA PERKEMBANGAN EKONOMI DESA BUTONG KECAMATAN TEWEH SELATAN KABUPATEN BARITO UTARA TAHUN 2000-2020.
PENGARANG:CITRA ROSXENA RUSBANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-14


Skripsi ini membahas dampak keberadaan perusahaan kelapa sawit PT Antang Ganda Utama pada perkembangan ekonomi Desa Butong Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara Tahun 2000-2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kebutuhan tenaga kerja perkebunan PT Antang Ganda Utama di Desa Butong tahun 2000 – 2020. (2) Dampak keberadaan perkebunan PT Antang Ganda Utama terhadap sektor informal di Desa Butong tahun 2000-2020.

            Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian sejarah. Tahap pertama adalah tahap heuristik, yaitu pengumpulan sumber yang dilakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka dilakukan untuk mendapatkan data tertulis berupa buku-buku atau dokumen dan studi lapangan dilakukan dengan wawancara agar diperoleh data primer secara langsung. Setelah data terkumpul dilakukan kritik untuk melihat keaslian sumber. Tahap selanjutnya interpretasi yaitu menganalisis data. Terakhir yaitu tahap historiografi atau  menyajikan data kedalam bentuk tulisan.

            Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) tenaga kerja perkebunan kelapa sawit terutama tenaga kerja buruh dipenuhi dari warga sekitar lokasi perkebunan, sedangkan tenaga kerja terlatih maupun terdidik didapatkan dari warga luar daerah, (2) keberadaan perkebunan memberikan dampak positif kepada warga sekitar yang ditandai dengan munculnya jenis-jenis usaha baru di sektor informal.

            Kesimpulan dari penelitian ini, kehadiran perkebunan telah memberikan dampak positif bagi warga sekitar yang direkrut sebagai tenaga kerja dan juga munculnya sektor informal.

           

 

Kata kunci :Perkebunan Kelapa Sawit, Sektor Informal, Tenaga Kerja.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI