DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN E-MODUL BERBASIS SCIENTIFIC CRITICAL THINKING (SCT) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:RISMA ARIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-14


Penilitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan e-modul berbasis Scientific Critical Thinking (SCT) pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model rancangan Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting), Observasi (observing), dan Refleksi (reflecting) dalam setiap siklus. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Banjarmasin. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan tes kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I adalah 47,18 dengan kategori cukup kritis, pada siklus II terjadi peningkatan dengan skor 81,06 dengan kategori sangat kritis. Pada tes hasil belajar pengetahuan, untuk siklus I adalah 55,56 dengan kategori kurang dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 91,11 dengan kategori baik. Respon peserta didik juga menunjukkan kategori setuju, dengan demikian e-modul berbasis Scientific Critical Thinking (SCT) pada materi larutan penyangga layak digunakan di dalam suatu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI