DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA ( BPD ) DI DESA DURIAN GANTANG KECAMATAN LABUAN AMAS SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:NORMA YUNITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


ABSTRAK

 

 

 

Norma Yunita, 1610413320029, “ Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Di Desa Durian Gantang Kecamatan Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah” Dibimbing Oleh Siti Hamidah.

 

Badan Permusyawaratan Desa dibentuk bertujuan agar terwujudnya suatu proses demokrasi yang baik dimulai dari pemerintahan terkecil yaitu desa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masayarakat terhadap peran BPD di Desa Durian Gantang. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif.

 

Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti,  menunjukkan hasil bahwa persepsi masyarakat desa Durian Gantang terhadap peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ada dua kategori persepsi. Ada masyarakat yang tidak mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan BPD, dan ada yang sudah cukup mengetahui apa yang dimaksud dengan BPD. Adapun yang belum mengetahui memiliki persepsi bahwa BPD merupakan sebuah kelompok Bagian dari pemerintahan desa, yang membantu pelaksanaan pembagian bantuan langsung tunai serta membantu percepatan vaksin covid 19. Dan yang mengetahui fungsi BPD memiliki persepsi bahwa BPD, merupakan perangkat desa yang membantu jalannya pemerintahan desa, sebagai penyalur, menampung aspirasi masyarakat, sebagai bagian dari pemerintahan yang ada di desa, dan membantu Kepala Desa dan mengadakan musyawarah desa yang ada di Durian Gantang.

 

Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat yang ada di Desa Durian Gantang tentang BPD masih belum mengetahui secara luas, baik dari segi tugas maupun fungsinya. Kepada BPD Desa Durian Gantang diharapkan untuk melakukan sosialisasi secara mandalam tentang BPD kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui lebih dalam dan lebih luas lagi tentang tugas, fungsi serta peran BPD.

 

 

 

Kata Kunci : Pemerintahan, Pemerintahan Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Persepsi

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI