DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH DEFISIT ANGGARAN, PENGELUARAN PEMERINTAH DAN NILAI TUKAR TERHADAP UTANG LUAR NEGERI INDONESIA TAHUN 2005-2022
PENGARANG:AZDKIYA RAFA FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


ABSTRAKS

 

Azdkiya Rafa Fitriani (2023), Pengaruh Defisit Anggaran, Pengeluaran Pemerintah dan Nilai Tukar Terhadap Utang Luar Negeri Indonesiia Tahun 2005-2022. Pembimbing : Dr. M. Rusmin Nuryadin, SE., M.Si.

 

Topik riset ini membahas “Pengaruh Defisit Anggaran (DA), Pengeluaran Pemerintah (PP) dan Nilai Tukar (Kurs) terhadap Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia tahun 2005-2022”. Riset ini memiliki tujuan untuk memberi informasi pengaruh defisit anggaran dari APBN, pengeluaran pemerintah, dan nilai tukar Rupiah (kurs) terhadap Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia. Riset ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan data runtun waktu dan menggunakan alat analisis e-views 12. Temuan riset ini menunjukkan defisit anggaran memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap utang luar negeri Indonesia, pengeluaran pemerintah memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap utang luar negeri Indonesia, dan nilai tukar Rupiah memiliki pengaruh tidak signifikan dan positif terhadap utang luar negeri Indonesia. Kemudian defisit anggaran, pengeluaran pemerintah dan nilai tukar secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap utang luar negeri Indonesia.

Kata Kunci: Utang Luar Negeri; Defisit Anggaran; Nilai Tukar; Pengeluaran Pemerintah; E-views

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI