DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN KELUARGA DALAM UPAYA MENCEGAH DAN MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI DESA MUARA UYA KECAMATAN MUARA UYA KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:SITI ISNANIAH HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


Siti Isnaniah Hasanah, 2023. Peran Keluarga Dalam Upaya Mencegah Dan Mengatasi Kenakalan Remaja Di Desa Muara Uya Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Zainul Akhyar, (II) Dian Agus Ruchliyadi.

 

Kata Kunci : Keluarga, Kenakalan Remaja

            Keluarga memliki peran yang sangat penting dalam proses menjadikan anak menjadi remaja yang berkualitas dan memiliki kepribadian yang sehat. Peran keluarga dalam pendidikan anak menjadi hal yang penting. Kenakalan remaja adalah masalah kenakalan anak yang menyangkut pelanggaran norma dimasyarakat. Kenakalan remaja timbul karena beberapa faktor yaitu faktor dari keluarga, sekolah dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terjadinya kenakalan remaja di Desa Muara Uya , cara mencegah dan mengatasi kenakalan remaja di Desa Muara Uya.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif ini adalah penelitian yang menghasilkan penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan cara kuantitatif. Penelitian ini dapat menunjukkan kehidupan masyarakat, tingkah laku, pergerakan sosial, dan sejarah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi serta dengan tiga tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Keluarga perlu menjalin hubungan yang baik dan positif dengan remaja. (2) Memberikan teguran pada remaja saat ia melakukan kesalahan. (3) Memberikan contoh yang positif atau sebagai teladan bagi remaja. (4) Keluarga perlu memberi pengawasan yang memadai untuk mengantisipasi agar remaja tidak tercebur lebih dalam pada kenakalan remaja.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat mengurangi angka kenakalan remaja baik berupa kenakalan remaja yang masih bisa di tolerir maupun kenakalan remaja yang sudah mengarah ke tindak pidana.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI