DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perdagangan Antarpulau dan Perdagangan Antarnegara dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII
PENGARANG:NOVITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


Novita Sari. 2023. Perdagangan Antarpulau dan Perdagangan Antarnegara Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dosen pembimbing I: Dr. Syaharuddin MA dan Dosen pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd

 

Buku teks mempunyai peran penting dalam pembelajaran sebagai sumber belajar di kelas. Buku teks digunakan sebagai sumber pembelajaran yang menentukan pencapaian tujuan dari pembelajaran tersebut. Buku teks harus digunakan sebagai bahan referensi dalam modul pembelajaran. Informasi dalam buku teks harus mencakup penjelasan yang membantu perolehan keterampilan dasar. Buku teks yang digunakan dalam pembelajaran dibuat dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan karakteristik dari materi yang telah ditentukan.

Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan materi perdagangan antardaerah atau antarpulau dan perdagangan internasional, 2) Mendeskripsikan integrasi materi lokal dengan materi perdagangan antardaerah atau antarpulau dan perdagangan internasional dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode studi kepustakaan atau literatur reviewMetode pengumpulan data yang digunakan diperoleh dari sumber buku, internet, dan sumber lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa materi perdagangan antardaerah atau antarpulau dan perdagangan internasional memiliki persamaan dalam hal kegiatannya yaitu jual dan beli barang dan jasa untuk memperoleh keuntungan, namun berbeda dalam konteks ruang lingkup perdagangannya. Perdagangan antardaerah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan di setiap daerahnya yang memiliki perbedaan preferensi jenis barang tertentu dan perbedaan jumlah ketersediaan barang dari suatu daerah ke daerah lain. Sedangkan perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain karena faktor iklim, letak geografis, perbedaan sumber daya alam yang mengharuskan negara tersebut melakukan kegiatan impor maupun ekspor ke negara lain untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mengintegrasikan materi lokal dalam materi tersebut sangat penting untuk menambah pengetahuan siswa tentang materi tersebut sekaligus memperkenalkan kearifan lokal yang ada di daerah tempat tinggal siswa.

Kata Kunci: Perdagangan, Buku Teks, Materi Lokal, Pembelajaran IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI