DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Fungsi Partai Politik Dalam Melaksanakan Pendidikan Politik Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di Kabupaten Murung Raya Tahun 2020 (Partai: PDIP, Nasdem, & PKB)
PENGARANG:HENA SELVIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


 

 

Hena Selvia 181041312022. Implementasi Fungsi Partai Politik Dalam Melaksanakan Pendidikan Politik Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di Kabupaten Murung Raya Tahun 2020 (PDIP, Nasdem, & PKB) dibimbing oleh Siti Hamidah.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi Partai politik dalam melakasnakan pendidikan politik kepada masyarakat pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020 di Kabupaten Murung Raya (PDI-P, Nasdem, & PKB),dan apa saja Faktor pendukung serta faktor penghambat Partai politik melaksanakan pendidikan politik kepada masyarakat. Kehadiran Partai politik dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat merupakan hal yang sangat penting, hal ini merupakan tugas dan fungsi Partai politik sebagaimana tertuang dalam Pasal 11 Undang-Undang No 2 Tahun 2008. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, dengan sumber data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

          Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa ketiga Partai politik yang diteliti (PDIP, Nasdem, & PKB) sudah melaksanakan salah satu fungsinya yaitu memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, walaupun dengan pelaksanaan yang masih kurang maksimal. Dalam penelitian ini juga disimpulkan ada 3 faktor pendukung Partai politik dalam melaksanakan pendidikan politik yaitu Komitmen dan rasa tanggung jawab dari pengurus Partai, Adanya media sosial dan berita online sebagai penunjang pelaksanaan kegiatan, dan adanya rasa kesadaran dan keaktifan dari pengurus Partai. Serta ada 5 faktor penghambat Partai politik melaksanakan pendidikan politik kepada masyarakat yaitu luas wilayah dan sulitnya akses jalan, waktu pelaksanaan, Sumber daya manusia, Pandemi Covid-19 dan jaringan telekomunikasi.

          Penulis menyarankan kepada Partai politik Kabupaten Murung Raya untuk lebih mempererat dan meningkatkan komitmen mereka yang sudah ada, Partai politik diharapkan untuk membuat target pelaksanaan dalam kegiatan pendidikan politik, dan Partai politik sebaiknya juga mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa politik uang merupakan hal yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan seperti uang duduk dalam kegiatan agar terciptanya pendidikan politik yang berkualitas.

 

Kata Kunci : Pendidikan Politik, Fungsi Partai, Pemilihan Gubernur & Wakil Gubernur

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI