DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI KARAKTER DARI AKTIVITAS MADRASAH DINIYAH AWALIYAH MISBAHUL MUNIR DI DESA ANJIR SERAPAT MUARA 1
PENGARANG:MUHAMMAD NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-16


Menurunnya moral pada anak di zaman sekarang didasari kondisi hilangnya sebuah karakter dalam diri, sehingga perlu adanya bimbingan dan pengawasan yang mampu membentuk karakter yang baik. Banyak pendidikan yang berpotensi bisa membentuk karakter pada anak, satu diantaranya pendidikan non formal yaitu Madrasah Diniyah Awlaiyah yang bisa membentuk dan memperhatikan sebuah karakter pada anak.

Dalam penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengetahui profil Madrasah Diniyah Awaliyah di Anjir Serapat Muara 1 Kabupaten Barito Kuala. (2). Untuk mengetahui aktivitas Madrasah Diniyah Awaliyah di Anjir Serapat Muara 1 Kabupaten Barito Kuala. (3). Untuk mengetahui nilai karakter dari aktivitas Madrasah Diniyah Awaliyah di Anjir Serapat Muara 1.

Metode yang digunakan oleh penulis pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui kegiatan observasi atau pengamatan, kegiatan wawancara informan, rekaman, dan pengumpulan dokumentasi. Hasil yang disajikan dalam pembahasan secara deskriptif bagaimana nilai karakter terbentuk dari rangkaian aktivitas di Madrasah Diniyah Awaliyah di Desa Anjir Serapat Muara 1. Analisis data melalui reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data berdasarkan uraian dan dilengkapi dengan tabel, gambar, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.

Hasil penelitian: Profil dari Madrasah Diniyah Awaliyah yang terletak di desa Anjir Serapat Muara 1 wilayah Kabupaten Barito Kuala dan memiliki SK dari Menteri Agama Dalam Negeri No. 20 Tahun 2003. 1). Aktivitas dari Madrasah Diniyah Awaliyah di Anjir Serapat Muara 1 ialah: a). Murajaah, b). Baca Tulis Al – Qur’an, c). Sholat Berjamaah, d). Membaca Aqidatul Awam, e). Belajar Tajwid. 2). Nilai karakter dari aktivitias Madrasah Diniyah Awaliyah di Anjir Serapat Muara 1 seperti karakter jujur dan bertanggung jawab, disiplin dan semangat berjuang, gemar membaca. Sehingga perlu adanya dukungan dari setiap elemen masyarakat terhadap Madrasah Diniyah Awaliyah.

Simpulan dari kelima Aktivitas yang dilaksankan di Madrasah Diniyah Awaliyah yang terletak di desa Anjir Serapat Muara 1, dapat memunculkan nilai karakter seperti gemar membaca, jujur, menghargai, sopan santun, semangat berjuang, tanggung jawab, disiplin, mandiri, berani, sabar, rasa ingin tahu, kerja sama, ketekunan, toleransi, demokratis, dan kreatif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI