DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI STEM PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK
PENGARANG:NOOR AILIL BADRIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-17


Abstrak:Literasi sains penting bagi peserta didik untuk memahami lingkungan, kesehatan, ekonomi, social modern dan teknologi. Namun, literasi sains peserta didik umumnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis discovery learning terintegrasi STEM pada materi koloid untuk meningkatkan literasi sains peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D. Subjek uji coba perorangan 5 orang peserta didik, uji coba kelompok kecil 10 orang peserta didik  dan uji lapangan 25 peserta didik dengan jumlah 40 orng peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes dan non test (angket respon dan lembar observasi). Hasil penelitian menunjukkan: (1) e-modul yang dikembangkan dalam pada kategori sangat valid ditinjau dari aspek kompoenen butir uji isi, media, dan desain pembelajaran e-modul dengan kategori sangat valid, (2) e-modul sangat praktis dilihat dari aspek keterbacaan, angket respon peserta didik, lembar kepraktisan guru menggunakan e-modul dan lembar kepraktisan guru mengelolah kelas dengan ketegori sangat baik, (3) e-modul efektif berdasarkan nilai N-gain 0,73 termasuk dalam kategori tinggi.

Kata Kunci: E-modul, koloid, literasi sains.

 

 

Abstract:Science literacy is crucial for learners to understand the environmental, health, economic, modern social and technology. However, students' science literacy is generally low. This research aims at developing a discovery learning-based e-module integrated with STEM on colloid material to improve students' scientific literacy which is valid, practical, and effective. Methods used in this research are Research and Development (R&D) which uses the 4-D model of development. Subjects of individual trials were 5 students, small group trials were 10 students and field tests were 25 students with a total of 40 students in class XI MIPA SMA Negeri 12 Banjarmasin. The technique of data collection used test and non-test instruments (response questionnaire and observation sheet). The results showed: (1) The e-module developed is categorized as highly valid from the aspects of the content test item component, media, (2) e-modules are very practical in terms of readability, student response questionnaires, teachers' practicality sheets using e-modules and teacher practicality sheet for managing the class with a very good category, (3) e-modules are effective based on N-gain values at 0.73 including the high category.

Keywords: E-modules, colloids, scientific literacy.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI