DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN COMPLEX PROBLEM SOLVING (CPS) PESERTA DIDIK BERBASIS SCIENTIFIC LITERACY PADA MATERI ASAM BASA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
PENGARANG:HANDI AL FAKHRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-18


Kemampuan Complex Problem Solving (CPS) merupakan salah satu kemampuan yang paling dibutuhkan di era 4.0, sehingga perlu dilakukannya pengukuran kemampuan. Namun, pengembangan instrumen kemampuan CPS yang melibatkan konten materi sekolah masih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes untuk mengukur kemampuan CPS peserta didik berbasis scientific literacy pada materi asam basa yang valid, reliabel, memiliki tingkat kesukaran dan daya pembeda butir soal yang baik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan penelitian ini mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 140 peserta didik SMA Negeri yang ada di Banjarmasin. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes, angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran butir dan daya pembeda butir. Hasil penelitian menunjukkan, instrumen tes memiliki tingkat keterbacaan yang baik sekali. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh 16 butir soal yang layak untuk dilanjutkan ke tahapan penelitian berikutnya dari total 20 butir soal sebelumnya. Pada uji coba lapangan, diperoleh sebanyak 12 butir soal yang layak digunakan untuk mengukur kemampuan CPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI