DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Price To Book Value Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman
PENGARANG:NAZLA SHAFIRA NOVIANDINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-19


Tujuan Penelitian: (1) mengkaji dampak profitabilitas pada PBV di perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021; (2) mengkaji dampak leverage pada PBV di perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021; (3) mengkaji dampak likuiditas pada PBV di perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021; (4) mengkaji dampak ukuran perusahaan pada PBV di perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021.

Tujuan penelitian:

Desain/Metodologi/Pendekatan: Metode penelitian ini kuantitatif asosiatif. Sampel penelitian yaitu 10 perusahaan sub sektor manufaktur minuman dan makanan yang terdapat di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021 yang mempunyai data laporan tahunan serta laporan keuangan yang lengkap. Data diolah memakai studi regresi linear berganda.

Temuan penelitian: membuktikan baik profitabilitas, likuiditas, leverage, maupun ukuran perusahaan berdampak positif pada PBV. Masalah ini memperlihatkan bahwa mengalami peningkatan nilai ROA pada akhirnya akan mendorong tingkatan harga saham yang kemudian akan berpengaruh pada tingginya nilai perusahaan atau PBV. Temuan ini juga memaparkan bahwa perusahaan dengan rasio leverage yang rendah mempunyai resiko investasi yang <. Temuan lain dalam penelitian ini memaparkan tingginya kapabilitas perusahaan dalam likuiditas berimplikasi pada kepercayaan investor ketika berinvestasi yang pada akhirnya meningkatkan harga saham. Makin besar ukuran perusahaan akan berdampak keputusan pengelolaan dalam memutuskan dana apa yang akan dipakai oleh perusahaan sepaya keputusan dana bisa mengoptimalkan nilai perusahaan atau PBV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI