DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MODEL REGRESI MULTIVARIAT UNTUK MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KESEJAHTERAAN KABUPATEN/KOTA DI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SYIFA URRAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-20


ABSTRAK

MODEL REGRESI MULTIVARIAT UNTUK MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN KABUPATEN/KOTA DI KALIMANTAN SELATAN (Oleh Syifa Urrahmah; Pembimbing: Fuad Muhajirin Farid & Maisarah; 75 halaman)

Kesejahteraan merupakan tujuan utama dalam pembangunan sebuah negara. Salah satu aspek penting dalam mengukur tingkat kesejahteraan adalah pada dana APBD seperti Pendapatan Asli Daerah dan lain-lain yang dapat dipengaruhi oleh variabel-variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi multivariat. Dalam hal ini analisis regresi multivariat adalah model regresi dengan lebih dari satu variabel respon yang saling berkorelasi satu atau lebih variabel prediktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang tingkat kesejahteraan di kabupaten/kota di Kalimantan Selatan pada tahun 2018-2020. Berdasarkan analisis, model regresi multivariat yang didapatkan adalah dua variabel respon yaitu pendapatan asli daerah dan produk domestik regional bruto dengan dua variabel prediktor yaitu belanja daerah dan dan alokasi khusus. Dimana dalam hubungan antara variabel respon dan variabel prediktor dapat dijelaskan oleh model sebesar 76,51% Ini berarti variabel-variabel prediktor yang meliputi belanja pegawai dan dana alokasi khusus dapat menjelaskan informasi proporsi variabilitas variabel respon yaitu Pendapatan Asli Daerah dan produk domestik regional bruto.

 

Kata Kunci: Kesejahteraan. Pendapatan Asli Daerah, Produk Domestik Regional Bruto, Regresi Multivariat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI