DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TANAH BUMBU | |
PENGARANG | : | DEVI OKTA MAYOLA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-08-21 |
ABSTRAK
Devi Okta Mayola, 1810411320018, 2023. KualitasAdminisrasi Pada Pelayanan Publik DalamPembuatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil KabupatenTanah Bumbu. Di bawah bimbingan Hj. Aulia, S.Sos, M.AP
Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui kualitas pelayanan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas adminisrasi pada PelayananPublik Dalam Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkanuntuk Teknik Analisa data dalam penelitian inimenggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwakualitas pelayanan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu sudah cup baik dilihat berdasarkan 5 (lima) indikator kualitaspelayanan publik menurut Zeithaml-Parasuraman-Berry (2018) yang terdiri dari Tangible (Bukti Fisik), Reability (Kehandalan), Responsive (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Empati). Dalampenelitian ini juga terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam pelayanan pembuatan aktakelahiran yaitu sarana dan prasarana, sumberdayamanusia yang masih kurang, dan jaringan yang tidaklancar.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan SipilKabupaten Tanah Bumbu untuk adanya perbaikanpada jaringan sistem SIAK yang teruntuk digunakandalam pengoperasian data kependudukan dan perluadanya penambahan jumlah sumber daya manusia, penambahan secara teknis yaitu sarana dan prasarana, meningkatkan pengawasan dalam proses pelayananpembuatan akta kelahiran agar dapat ditangani sertameninimalisirkan hambatan-hambatan yang terjadidalam proses pelayanan pembuatan akta kelahiran.
Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan Publik, AktaKelahiran
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI