DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Nilai Moral dalam Novel "Lulus Story: Shadiq" Karya Ripa AJP
PENGARANG:FARIZ FAHLEVI NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-21


ABSTRAK

Noor, Fariz Fahlevi. 2023. Nilai Moral dalam Novel “Lulus Story: Shadiq” Karya Ripa AJP. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Pembimbing: (1) Ahsani Taqwiem, M.Pd.; (2) Dr. Noor Cahaya, M.Pd.

Kata Kunci: Nilai, Moral, Novel.

Penelitian tentang nilai moral sangat penting. Penelitian ini memiliki peran untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai moral yang ada dalam masyarakat. Penelitian ini juga dapat memberikan pemahaman untuk menerapkan nilai moral dalam kehidupan dan membentuk perilaku manusia. Penelitian ini mengindentifikasi masalah-masalah moral dalam kehidupan dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasikan dan mendeskripsikan nilai moral dalam novel Lulus Story: Shadiq karya Ripa AJP. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan teknik penyampaian nilai moral dalam novel Lulus Story: Shadiq karya Ripa AJP.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang tidak menggunakan perhitungan numerik. Sumber data berupa novel Lulus Story: Shadiq karya Ripa AJP. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis penokohan. Keunggulan dari penelitian ini dapat memberikan informasi ilmiah yang lebih detail untuk menganalisis nilai moral dalam karya sastra dan teknik penyampaian nilai moral dalam karya sastra.

Simpulan penelitian ini ialah: (1) nilai moral yang ditemukan meliputi jujur, displin, mandiri, kerja keras, tanggung jawab, empati, dan peduli; (2) teknik penyampaian nilai moral meliputi Teknik langsung melalui uraian pengarang atau tokoh dan teknik tidak langsung melalui peristiwa atau konflik.

Peneliti mengharapkan pengembangan dalam penelitian bidang ini.  Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih dalam tentang nilai moral dalam karya sastra. Penelitian selanjutnya juga diharapkan dapat mengaitkan nilai moral dan karya sastra dengan ruang lingkup pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI