DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penerapan Media Siniar dalam Pembelajaran Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Banjarmasin
PENGARANG:HILYA MUFIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-21


Media siniar berbasis aplikasi anchor merupakan media yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, karena media ini berbentuk rekaman suara yang dapat dibuat siswa kapan saja serta diselingi tuturan nada setiap fiturnya yang dapat ditambahkan untuk memperindah rekaman suara yang telah dibuat, bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa menggunakan media siniar dalam pembelajaran puisi.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-desrkriptif dengan teknikpengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dapat dianalisis untuk memperoleh data yang cocok untuk disajikan dengan sesuai masalah yang dibahas (1) Memilih data yang pas dengan topik pemilihan. (2) Merangkup data yang dianggap penting. (3) Pengambilan kesimpulan. (4) Keseluruhan data dengan menggabungkan data yang diperoleh saat pengajaran dari observasi serta wawancara. Data yang diambil berdasarkan hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan media siniar berbasis aplikasi anchor.

Berdasarkan pembahasan hasil analisispeneliti dapat diambilsimpulan pembelajaran membacakan puisi serta menemukan diksi, majas, citraan, dan makna siswa kelas X-4 SMA Negeri 8 Banjarmasin memiliki  skor rata-rata sebesar 90 dengan rincian, sangat baik ada 29 orang dengan rata-rata menyebutkan diksi, majas, citraan, dan makna secara lengkap. Rata-rata skor baik, ada 2 orang dengan rata-rata menyebutkan diksi, majas, citraan, dan makna tidak secara keseluruhan, dan kurang baik ada 2 orang dengan rata-rata tidak menyebutkan diksi, majas, citraan dan makna secara tepat dan lengkap. Pemerolehan skor tersebut menunjukkan hasil belajar membacakan puisi menemukan diksi, majas, citraan, dan makna pada siswa dalam kategori sangat baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI