DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS USAHATANI DAN RANTAI PASOK JERUK SIAM DI KECAMATAN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER
PENGARANG:NURHAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-21


RINGKASAN

 Nurhayati,  Analisis Usahatani dan Rantai Pasok Jeruk Siam di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser, Tesis Program Studi Magister Ekonomi Pertanian Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing 1. Muhammad Husaini, Pembimbing 2. Luthfi Fatah. 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1). Biaya, penerimaan, pendapatan usahatani jeruk di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser ; (2). Rantai pasok (Supply chain) mulai dari memahami pelanggan dan konsumen, menyediakan hasil produk dengan benar, membagi profit margin, logistik dan distribusi, komunikasi dan informasi usahatani jeruk dari produsen ke konsumen serta hubungan yang efektif antar pelaku rantai pasok di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser.

Metode yang digunakan adalah metode survei dan wawancara. Penentuan populasi seluruh petani jeruk dengan jumalh 241 petani jumlah tersebut diambil sebanyak 15% dari total populasi ditemukan 36 sampel dengan teknik acak sederhana.  Sampel pengambilan saluran pemasaran rantai pasok menggunakan snowball sampling diaman informasi pertama diperoleh dari petani yang menjual hasil produksi kepada pedagang pengumpul selanjutnya ditelusuri pedagang pegumpul tersebut menjual ke pedagang pengumpul lainnya begitu setetusnya. Sampel perilaku konsumsi jeruk digunakan teknik accidental sampling yaitu masyarakat yang mengkonsumsi jeruk yang ditemui dipasar lalu dijadikan sampel. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2021 sampai dengan selesai.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata biaya yang dikeluarkan petani sebesar Rp 5.417.140/usahatani/tahun Penerimaan yang diperoleh petani rata-rata sebesar Rp 19.922.916/usahatani/tahun, sehingga diperoleh pendapatan sebesar Rp  14.368.139/usahatani/tahun.  Petani sudah memahami pelangga dengan baik, sehingga petani mampu menyediakan produksi jeruk dengan benar. Membagi profit margin yang terdiri dari 3 pola pemasaran.  Pola 1 lebih baik dari pola 2 dan pola 3. Logistik dan distribusi relatif sudah cukup baik.  Komunikasi dan informasi antar pelaku pemasaran sudah cukup baik.  Hubungan antar pelaku rantai pasok sudah cukup baik.

kata kunci : Usahatani jeruk, rantai pasok jeruk, margin pemasaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI