DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN TOKOH MASYARAKAT DALAM PENGUATAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL DI DESA ANDAMAN II, KECAMATAN ANJIR PASAR, KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MAHRITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-21


Mahrita. 2023. Peranan Tokoh Masyarakat Dalam Penguatan Karakter Kepedulian Sosial di Desa Andaman II, Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala. Skripsi.Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Zainul Akhyar.

Kata Kunci: Degradasi, Kepedulian Sosial,Peranan Tokoh Masyarakat

Perkembangan zaman yang semakin maju membawa banyak perubahan dan dampak untuk kehidupan, semakin menurunnya interaksi dan kepekaan sosial terhadap lingkungan sekitar, hal ini juga menyebabkan terjadinya degradasi terhadap kepedulian sosial warga Desa Andaman II. Untuk kembali menguatkan kepedulian sosial peran dari tokoh masyarakat dalam penguatan karakter kepedulian sosial.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan 1) Degradasi kepedulian sosial di Desa Andaman II 2) Peran dari tokoh masyarakat dalam penguatan karakter kepedulian sosial di Desa Andaman II. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) degradasi kepedulian sosial di Desa Andaman II terjadi karena masyarakat cenderung bersikap individualis atau lebih mementingkan diri sendiri dalam berkegiatan sehari-hari, selain itu juga kurang interaksi terhadap masyarakat sekitar yang menyebabkan bersikap cuek dan acuh tak acuh kepada warga sekitar, hal ini juga akibat pengaruh dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju dan banyak membawa perubahan. 2) peran tokoh masyarakat dalam penguatan karakter kepedulian sosial di Desa Andaman II tentunya sangat penting, tokoh masyarakat yang terdiri dari pemerintah desa berserta jajarannya dan juga tokoh masyarakt desa setempat. Dalam hal penguatan kembali kepedulian sosial tokoh masyarakat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti kerja bakti yang bertujuan untuk penguatan kepedulian sosial.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk pemerintah desa maupun tokoh masyarakat beserta warga untuk lebih menerapkan nilai kepedulian sosial dalam kehidupan sehari-hari agar kepedulian sosial tidak terdegradasi dan tidak semakin mengalami kemunduran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI