DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PREVENTIF PERILAKU INDISIPLINER DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMPN 3 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ARYA DWIYA NUGRAHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


ABSTRAK

Arya Dwiya Nugraha. 2023. Strategi Preventif Perilaku Indisipliner dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa di SMPN 3 Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Heru Puji Winarso, M. Si., M.A.P.

Kata Kunci: Strategi Preventif, Disiplin, Indikator

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah strategi preventif perilaku indisipliner dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa di SMPN 3 Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Di ketahui kedisiplinan merupakan hal fundamental yang harus tertanam pada soorang siswa, akan tetapi hal dasar tersebut pula yang sering menjadi permasalahan bagi setiap siswa. Oleh karenanya di perlukan strategi khusus yang di lakukan sekolah untuk menemukan cara untuk menekan jumlah pelanggaran kedisiplinan yang di lakukan oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi preventif perilaku indisipliner dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa di SMPN 3 Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data di lakukan dengan Teknik observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang di dapat dari strategi preventif perilaku indisipliner di SMPN 3 Banjarmasin: (1) SMPN 3 Banjarmasin menerapkan sistem buku saku pedoman berperilaku siswa (2) efektivitas dari penerapan strategi ini sudah di katakan cukup baik dalam menekan jumlah pelanggaran disipli di SMPN 3 Banjarmasin (3) Seseorang baru dapat di katakan debagai individu yang  disiplin apabila ia dapat memenuhi kaidah-kaidah baik yang telah di tetapkan oleh masyarakat

Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi preventif perilaku indisipliner dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa di SMPN 3 Kota Banjarmasin adalah dengan pemberian buku pedoman berperilaku siswa. Jika dilihat dari tingkkat efektivitasnya sudah dapat di katakan cukup baik. Saran yang di ajukan adalah Kedisiplinan merupakan sifat yang harus tertanam pada setiap individu, oleh sebab itu sudah seharusnya kita untuk senantiasa membiasakan sikap disiplin ini di dalam kehidupan sehari-hari maupun di dalam lingkungan bermasyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI