DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 15 BANJARMASIN
PENGARANG:RAHMA MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


Rahma Maulida. 2023. Implementasi Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti di SMP Negeri 15 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewargarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Wahyu.

Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter, Pendidikan Budi Pekerti

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter dan budi pekerti pada siswa ditemukan bekum optimal karena terdapat kendala dalam pelaksanaannya terutama dalam kerjasama dengan orang tua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dan pendidik, strategi dan teknis pendidik, upaya sekolah, dan upaya pendidik dalam membina kerjasama dengan orang tua siswa dalam pelaksanaan pendidikan karakter dan budi pekerti di SMP Negeri 15 Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang didapat pada implemenntasi pendidikan karakter dan budi pekerti di SMP Negeri 15 Banjarmasin: (1) Peran sekolah dan pendidik dalam pelaksanaan pendidikan karakter dan budi pekerti mengenalkan, mengarahkan, dan membina pembentukan karakter dan budi pekerti pada siswa. (2) Strategi dan teknis pendidik dalam menanamkan pendidikan karakter dan budi pekerti melalui pembiasaan, kedisiplinan, keteladanan, dan pembinaan untuk membentuk karakter dan budi pekerti siswa yang baik. (3) Upaya sekolah dalam meningkatkan implementasi pendidikan karakter dan budi pekerti yaitu mengajarkan aspek nilai, sikap, dan pola perilaku pada siswa melalui pembelajaran dan kegiatan sehari-hari di lingkungan sekolah. (4) Upaya pendidik dalam membina kerjasama dengan orang tua dalam menanamkan pendidikan karakter dan budi pekerti yaitu melibatkan partisipasi orang tua pada proses pembuatan keputusan, pelaksanaan program, serta evaluasi dalam pelaksanaan pendidikan karakter.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar pihak sekolah dan guru SMP Negeri 15 Banjarmasin lebih memperkuat peranannya dan strategi dalam menanamkan pendidikan karakter dan budi pekerti pada siswa. Sekolah lebih melibatkan partisipasi orang tua siswa sebagai bentuk memperkuat kerjasama dalam proses pelaksanaan penanaman pendidikan karakter dan budi pekerti. Bagi orang tua siswa sendiri, sebaiknya melibatkan diri dalam setiap proses pelaksanaan yang diadakan oleh sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI