DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI POLITIK WARGA NEGARA PADA PEMILIHAN UMUM GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR KALIMANTAN SELATAN 2020 (STUDI TERHADAP MASYARAKAT DI DESA KOANDA KECAMATAN TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA)
PENGARANG:AHMAD IZATUL JAWAID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


Ahmad Izatul Jawaid. 2023. Partispasi Politik Warga Negara Pada Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan 2020 ( Studi Terhadap Masyarkat di Desa Koanda Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala ).Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Zainul Akhyar, (II) Dian Agus Ruchliyadi.

 

Kata Kunci: Partisipasi, Politik, Pemilihan Umum.

 

Partisipasi politik merupakan tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan demokrasi, Kesadaran akan partisipasi politik masyarakat apapun alasannya merupakan suatu prasyarat utama yang harus dipenuhi dalam membangun negara bangsa yang demokratis dimana pada saat pemilihan kepala daerah, kedudukan dan peran rakyat menjadi pihak yang paling menentukan proses politik di wilayahnya dengan memberikan suara secara langsung.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi dan faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi politik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020  di Desa Koanda Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Tingkat partisipsi politik masyarakat Desa Koanda Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan 2020 tergolong masih rendah hal ini dapat dilihat dari masyarakat yang berhadir dan memberikan suaranya hanya sebesar 46,87%, artinya masih banyak masyarakatnya yang golput. Bentuk partisipasi politiknya yaitu  Pemungutan suara (votting), diskusi politik, Kampanye, Membentuk dan bergabung dalam kelompok kepentingan.Jenis partisipasi politik  yang banyak ditemukan di Desa Koanda ialah partisipasi politik spector. 2) Faktor yang mempengaruhi yaitu faktor Pendidikan, faktor kesadaran politik, faktor perangsang politik, dan faktor Karakteristik Pribadi Pemilih, faktor lingkungan, faktor money politic, faktor sosial ekonomi, dan faktor kepercayaan kepada pemerintah, faktor internal dan eksternal.

 

Saran dari penelitian ini adalah Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Koanda dapat memahami bahwa partisipasi politik merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan untuk kemajuan daerah sehingga tingkat kesadaran politik terus meningkat pada kegiatan pemilihan umum berikutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI