DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA
PENGARANG:ANDY AZHARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


RINGKASAN

Andy Azhari, 2023. Pengembangan E-Modul Praktikum Berbasis Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Tesis. Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing: (1) Dr. Suyidno, M.Pd., (II) Dr. Suryajaya, M.Sc. Tech.

 

            Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang perlu dimiliki mahasiswa dalam memenuhi keterampilan abad 21. Agar mahasiswa dapat menguasai keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang menggunakan model penelitian ASSURE. Dengan tujuan memperoleh produk yang layak dalam meningkatkan keterampilan prose sains dinilai dari aspek validitas, keparaktisan dan keefektifan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan lembar validasi, angket respon, tes keterampilan proses sains. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek uji coba terbatas adalah 28 mahasiswa pendidikan fisika dan subjek uji coba kelas luas adalah 35 mahasiswa pendidikan IPA FKIP ULM. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan yang dilakukan dinilai layak. berdasarkan validitas aspek format, bahasa, isi, didaktik, konstruksi dan teknis dengan nilai 3,52; 3,56; 3,50; 3,33; 3,56; dan 3,56 yang rata-ratanya ber kriteria sangat valid. Kepraktisan yang memiliki kriteria sangat praktis dengan nilai 97,04 berdasarkan respon mahasiswa dan peningkatan KPS pada pertemuan yang dinilai baik. Keefektifan pengembangan yang dilakukan pada uji coba terbatas dan uji coba kelas luas dengan n-gain 0,33 dan 0,47 dengan kriteria sedang. yang kemudian hasil n-gain dianalisis statistic untuk mengetahui hubungan antara peningkatan keterampilan proses sains dengan penggunaan produk pengembangan diperoleh bahwa nilai α<0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dari penggunaan e-modul praktikum yang dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa E-Modul praktikum berbasis laboratorium virtual dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa.

Kata Kunci: Keeterampilan proses, kelayakan, validitas, kepraktisan, signifikan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI