DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELESTARIAN TRADISI MANOPENG OLEH MASYARAKAT BANYIUR DI KELURAHAN BASIRIH KOTA BANJARMASIN TAHUN 2010-2021
PENGARANG:MUHAMMAD SEMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-22


Penelitian ini mengarah pada budaya atau tradisi manopeng yang ada diKeluarahanBasirihyangmasihdipertahankanolehkeluargadarijuriatDatuMahbud. Melihat perkembangan zaman yang sangat pesat dan di beberapa sektorsudah mulai dipengaruhi oleh kecanggihan teknologi, tidak sedikit budaya lamamulai ditinggalkan oleh generasi muda saat ini. Tradisimanopeng merupakanbudaya lama yang dipertahankan oleh juriat dari keluarga Datu Mahbud sebagaibentuktradisituruntemurunyangdilakukanolehkeluarga.Prosesidalampelaksanaan kegiatan ini dilakukan setiap satu tahun sekali pada bulan muharammenurutkalenderIslam.
Tradisi manopeng sendiri merupakan warisan turun temurun dari leluhurjuriat keluarga Datu Mahbud, dimana dalam kepercayaan keluarga beliau apa bilatradisi ini tidak dilaksanakan maka keluarga akan mendapatkan penyakit pingitan.Penyakitininantinyahanyabisadisembuhkanmelaluipelaksanaantradisimanopeng oleh pihak keluarga. Hal ini secara tidak langsung merupakan tindakanmempertahakanbudayalama oleh keluargaDatu Mahbud.
Penilitimenggunakanmetodesejarahdanstudikepustakaanuntukmembantu mengumpulkan data yang diperlukan. Metode sejarah yang digunakanoleh peneliti tentunya melakukan tindakan awal yakni mengumpulkan data atauinformasi yang berhubungan dengan judul penelitian (Heuristik). Peneliti jugamelakukan sebuah perbandingan terhadap data yang sudah didapat (kritik) lalumenjelaskan data yang sudah didapatkan baik dari hasil studi kepustakaan atauobservasi ke lapangan (Interpretasi). Hasil yang sudah peneliti dapatkan ditulisdalam sebuah karya akhir sebagai bukti tulisan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan(Historiografi).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi manopeng yangdilestarikaan oleh juriat keluarga Datu Mahbud sudah berusia lebih dari 152 tahundanrutindilaksanakansetiaptahunnya.PelaksanaantradisiinijugasebagaibentukpelestarianbudayalamayangadadiKelurahanBasirih.Selainitupelaksanaan tradisi ini sebagai bentuk kepercayaan dari juriat Datu Mahbud untuktidakterkenapenyakitpingitanyangberdampakkepadaseluruh keluarga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI