DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA PELAYANAN PUBLIK DALAM PROSES PENERBITAN SERTIPIKAT TANAH PADA KANTOR PERTANAHAN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:SRI RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


ABSTRAK

 

 

 

SRI RAHMAWATI, 2120419320029, 2023. KinerjaPelayanan Publik Dalam Proses Penerbitan Sertipikat Tanah Pada Kantor Pertanahan Kota Banjarbaru. Dibawah bimbingan Muslih Amberi.

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan publik yang telah dilaksanakan oleh kantor Pertanahan Kota Banjarbaru dan pelayanan yang dimaksud apakah sudah sesuai dengan prosedur yang ada atau belum serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan proses sertipikat tanah tidak terselesaikan pada Kantor Pertanahan Kota Banjarbaru. Penelian ini menggunakan metode penelitian deskriftif dengan teknik pendekatan secara kualitatif dengan Teori Dwiyanto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga tahapan yang saling berkaitan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan pada Kantor Pertanahan Kota Banjarbaru dapat dikatakan berjalan, namun masih terdapat kekurangan dari dimensi dimensi ini. Hal tersebut dapat dilihat dari fenomena yang terdapatpadadimensiresponsivitas,responsibilitas,akuntabilitas,produktivitasdankualitaslayanan.Darikelimadimensidimaksud masihditerdapat dimensiyangbelumberjalan secara maksimal yaitu dimensi responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas.

 

Penelitian ini menyarankan untuk selalu konsisten dan lebih mendengarkan dan melakukan perubahan pada masukan dan kritikan dari masyarakat yang disampaikan melalui media online ataupun kotak saran, sehingga masyarakat lebih merasa nyaman dalam menggunakan pelayanan. Dengan cara memberikan reward kepada pengawai yang berprestasi, sebagai bahan motto pegawai dan memberikan punishment kepada yang melanggar aturan sesuai dengan prinsip administrasi yang benar.

 

 

 

Kata Kunci: Kinerja Pelayanan Publik, Penerbitan Sertipikat Tanah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI